Timnas Indonesia Lolos Putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026, Begini Reaksi Erick Thohir

- 11 Juni 2024, 22:00 WIB
Timnas Indonesia Lolos Putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia Lolos Putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 /Instagram @erickthohir

PR SURABAYA - Timnas Indonesia akhirnya berhasil lolos ke putaran ke-3 Kualifikasi Piala Dunia 2026 setelah mengalahkan Filipina 2-0 pada pertandingan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa malam, 11 Juni 2024. Dua gol Timnas Indonesia itu dicetak Thom Haye dan Rizky Ridho.

Hasil ini memastikan Indonesia lolos ke putaran tiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan status runner-up Grup F. Skuad Shin Tae-young ini lolos dengan mengumpulkan 10 poin menemani Irak sebagai juara grup.

"Alhamdulillah, Indonesia berhasil lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Kemenangan atas Filipina sekaligus mengamankan tiket ke putaran final Piala Asia 2027," tulis Ketua PSSI Erick Thohir di akun instagramnya erickthohir mereaksi kemenangan Timnas Indonesia.

"Terima kasih untuk seluruh pemain, ofisial, dan masyarakat Indonesia untuk doa dan dukungannya," sambung Erick Thohir yang menonton langsung di stadion mendampingi Presiden Jokowi.

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Filipina

Sejak peluit pertama dibunyikan, Timnas Indonesia langsung melancarkan serangan. Marselino Ferdinan nyaris membuka keunggulan di menit ke-8, tapi sundulannya masih mampu dijinakkan kiper Filipina.

Skuad Garuda kembali mendapat peluang emas pada menit ke-27 lewat aksi Thom Haye di kotak penalti Filipina. Kerja sama yang diakhiri sepakan Ragnar di mulut gawang masih bisa diselamatkan oleh kiper Kevin Ray.

Setelah melakukan serangan bertubi-tubi, Indonesia akhirnya mampu memecah kebuntuan pada menit ke-31. Thom Haye mencetak gol indah lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti yang menghujam pojok kanan gawang Filipina.

Unggul 1-0 membuat Indonesia semakin gencar melakukan serangan ke daerah pertahanan Filipina. Serangan-serangan yang dibangun Calvin Verdonk dkk. masih belum membuahkan gol kedua bagi Skuad Garuda.

Di babak kedua, Indonesia memperlebar keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-56. Bek tengah Rizky Ridho kali ini berhasil mencatatkan namanya di papan skor.

Halaman:

Editor: Ali Mahfud

Sumber: RRI Instagram @erickthohir


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah